Minggu, 14 Oktober 2012

contoh DAD SIA


DAD (Diagram Arus Data) adalah suatu modeling tool yang memungkinkan sistem analis menggambarkan suatu sistem sebagai suatu jaringan kerja proses dan fungsi yang dihubungkan satu sama lain oleh penghubung yang disbut alur data.

 Beberapa simbol yang digunakan dalam DAD yaitu :
  • 1. Kesatuan luar (external entity) atau batasan sistem (boundary)
Setiap sistem pasti mempunyai batasan sistem (boundary) yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar (external entity) merupakan kesatuan di lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan mmberikan input atau menerima output dari sistem.
  • 2. Arus data (data flow)
Arus data di DAD berupa simbol panah. Arus data mengalir diantara proses (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (external entity). Arus data ini menunjukkan arus dari data yang berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem.
  • 3. Proses (process)
Suatu proses adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.
  • 4. Simpanan data (data store)
Simpanan data merupakan simpanan dari data. Simpanan data di DAD disimbolkan dengan sepasang garis horisontal parallel yang tertutup di salah satu ujungnya.

Fungsi DAD :
1.       DAD membantu para analis sitem meringkas informas tentang sistem, mengetahui hubungan antar sub-sub sistem, membantu perkembangan aplikasi secara efektif.
2.       DAD berfungsi sebagai alat komunikasi yang baik antara pemakai dan analis sistem.
3.       DAD dapat menggambarkan sejumlah batasan otomasi untuk pengembangan alternative sistem fisik.

contoh DAD SIA
           SIA

0 komentar:

Posting Komentar